If Money Can’t Buy Happiness, Then Why….

Katanya jangan selalu memikirkan uang, karena uang bukanlah satu-satunya yang kita butuhkan. Tapi bila benar begitu, kenapa aku selalu merapel money mantras yang kudapatkan dari Pinterest setiap pagi. Begini isi 10 Money Mantras-nya:

  1. I’m open and ready to receive money NOW
  2. Money is attracted to me and needs me to spend it NOW
  3. Everything and everyone helps me prosper financially NOW
  4. I welcome large sums of money into my life regularly NOW
  5. Money comes to me in abundance easily and frequently NOW
  6. Money flows into my life in large quantities through multiple sources NOW
  7. Everything I spend comes back to threefold NOW
  8. I expect money into my life in unexpected ways NOW
  9. I manifest large quantities of money in every action I take NOW
  10. Money is flowing to me and I accept it graciously NOW

Mungkin aku terlalu materialis, menganggap bahwa dengan punya uang aku bisa membeli yang kumau dan kubutuhkan sehingga membuat aku merasa bahagia. Atau aku hanya terlalu jujur, mengakui hal itu? Entahlah. Tapi inilah yang aku rasakan beberapa bulan terakhir ini.

Salah satu yang syukuri di tahun 2021 ini adalah menjadi talent di salah satu aplikasi video. Sebuah pekerjaan yang orang MUDAH. Bikin video dibayar dollar. Hah, mudah?! Kadang aku suka ingin tertawa kalau mengingat orang suka bikin komentar seenak udelnya, enggak benar-benar mau tahu persisnya seperti apa kerja kami, para talent. Ah, tapi aku sedang tak ingin membahas soal itu sekarang. Yang ingin kubahas adalah soal uangnya. Anggap saja memang kerja mudah, toh kenyataannya aku masih bertahan sekian bulan, dan selalu berdoa agar jangan sampai kena cut. – Usai menulis draft ini aku kena cut dong-

Mari balik lagi ke soal uang. Bila uang mungkin tidak bisa membeli kebahagiaan, tapi kenyataannya uang akan membuat kita nyaman dan aman. Uang bisa memenuhi kebutuhan dasar kita, bahkan kebutuhan lainnya. Mungkin uang memang tidak bisa membeli kebahagiaan, tapi uang menjadi alat menuju kebahagiaan itu.

Salah satu yang selalu aku ingat, sebuah quotes dari The Secret. Lupa sih kalimat persisnya, tapi intinya: Jangan bayangkan punya uang banyak, tapi selalu bayangkan apa yang akan kamu lakukan dengan uang-uang itu. Dan itu selalu menjadi salah satu ritual aku, selain membaca money mantra di atas tadi.

Apalagi melihat kondisi yang terjadi sekarang ini, bahkan asisten rumah tangga aku pun berkata: “Sekarang mau napas aja jadi mesti siap-siap uang. Itu tabung oksigen semakin mahal.”

Jadi benarkan kalau uang tidak bisa membeli kebahagiaan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *